Kaca patri, meskipun menjadi bagian dari seni rupa Indonesia, tidak pernah populer. Namun di sisi Brian, itu mendapatkan pengagum baik lokal maupun internasional, termasuk Disneyland yang menggunakan karya seni di Hong Kong.
Lahir di sebuah keluarga pengusaha, Brian memutuskan untuk memulai bisnis sendiri, bukan mengambil alih perusahaan sepeda motor Honda ayahnya yang sudah berjalan sejak tahun 1980-an. Ia mengatakan ia tidak memiliki keinginan dalam bidang tersebut.
"Saya punya bisnis yang sama sekali berbeda dari orang tua saya. Saya suka seni. Beberapa orang, pada tahun yang saya baru saja mulai kaca patri saya [bisnis], cenderung meremehkan seniman, pekerja seni dan bahkan karya seni. Penyanyi dan pelukis adalah salah satu profesi seni. Sekitar 20 tahun yang lalu, orang menginginkan anak-anak mereka menjadi dokter atau profesor dari seni-pekerja, "jelasnya.
Sadar tentang tantangan, dia berbalik bisnisnya ke industri properti yang booming pada saat itu. Pengembang adalah klien pertamanya. Dia tidak melakukan pekerjaan rumah hanya untuk individu tetapi juga untuk rumah ibadah seperti masjid dan gereja.
"Kacamata Stained merupakan ornamen penting dalam gereja atau masjid. Ini seperti drum masjid. Tanpa itu, rumah-rumah ibadah yang tidak lengkap. "
Mengelola lebih dari 400 karyawan, termasuk 280 pekerja seni di pabriknya, bukanlah pekerjaan mudah. Melakukan bisnis yang didasarkan pada hobi, Brian tidak pernah peduli dengan rencana promosi. Dia tidak memiliki apapun, bahkan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Gairah adalah lebih dari cukup untuk menjaga bisnis berjalan dan berkembang.
"Tapi tidak semua orang suka kaca patri," akunya. Baginya, gambar atau seni rupa adalah sebuah perasaan. Jadi, presisi adalah yang paling penting dalam menciptakan gelas bernoda. Sebagai orang yang telah menghabiskan lebih dari 31 tahun dalam bisnis, Brian mampu mendeteksi kelemahan dalam produk saat ini.
"Untuk meminimalkan jumlah produk yang ditolak, kita menggunakan komputer untuk desain."
Kreativitas adalah aset. Orang yang memiliki pikiran kreatif dapat memanfaatkan apa pun yang mereka miliki, bahkan memo barang. Brian dan timnya mengubah kain bekas menjadi karya seni artistik. Di pabrik itu, yang terletak di Cikupa, Tangerang, dinding yang artistik dihiasi dengan ikon hewan, manusia, dan bangunan, terdiri dengan menyusun ratusan dan bahkan mungkin ribuan kain bekas. "Mereka yang dibuat oleh kreativitas tim saya," jelas Brian.
Berbicara tentang tim, ia mengirim salah satu stafnya untuk belajar di AS. Sekembalinya ke Indonesia, stafnya menunjukkan teknik yang salah yang mereka gunakan saat ini dalam membuat karya seni. Jadi Brian mengubah teknik untuk produksi selanjutnya. Bahwa staf masih bekerja untuknya sekarang.
"Ada beberapa staf lama yang masih di sini, termasuk orang yang dikirim ke AS. Meskipun beberapa dari mereka dibajak oleh pesaing, tetapi Tuhan terima kasih, mereka datang kembali untuk bekerja dengan saya. [Ada] mereka tidak mendapatkan apa yang saya bisa berikan kepada mereka. "
Kualitas sumber daya manusia tampaknya menjadi hal yang paling penting baginya, selain dari kualitas produk. Tak heran, Disneyland, dia ditawarkan sebuah proyek kaca patri.
"Aku terbang dari Beijing ke Hongkong, dan duduk di samping Dr Tao Ho, Presiden dari The Hong Kong Institute of Architects. Ketika ia mengetahui bahwa saya adalah seorang pembuat kaca patri seni, ia ingin mengunjungi pabrik saya. Dan sebagai ceritanya, Disneyland membuat kesepakatan untuk melakukan proyek dengan saya, "kenangnya sambil tersenyum.
Brian pernah memungkinkan setiap orang untuk merusak karya seninya. Ketika seseorang terjebak permen karet pada karya seni patri Disneyland nya kaca, ia membersihkannya. Sayangnya, keamanan mencurigainya melakukan vandalisme.
"Ketika saya mengatakan kepadanya bahwa saya adalah seni pembuat, dia tidak percaya," tertawa Brian. Disneyland, menurut dia, sangat apresiatif terhadap karya seni. Mereka bahkan tidak menegosiasikan harga. Selama itu telah direkomendasikan oleh orang-orang yang bekerja untuk Disneyland, mereka tidak peduli tentang berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan untuk sebuah karya seni.
Orang asing menghindari masalah yang disebabkan oleh jadwal terjawab karena akan membuat beberapa efek seperti membayar lebih dari apa yang mereka telah dianggarkan untuk proyek tersebut. Jadi, profesional mempekerjakan adalah kunci untuk meminimalkan risiko. Mereka akan melakukannya meskipun mereka harus membayar harga tinggi untuk itu. "
Stained glass memiliki ceruk pasar baik di dunia lokal dan internasional. Rumah pengembang ibadah, hotel melihat produk Brian sebagai nilai tambah. Mereknya, Eztu Glass Art, telah memperkenalkan ini 'seni asing' kepada masyarakat mengerti. Dan semua bahwa upaya menunjukkan hasil yang bagus. Seorang seniman Bali yang berbasis di Belanda mengatakan ia digunakan untuk hanya melihat gelas berwarna-warni di gereja, tapi sekarang ia melihat mereka di rumah juga.
"Stained glass cocok mereka yang menderita alergi debu. Berbeda dengan tirai, debu tidak menempel ke kaca. Jadi itu adalah pergantian besar untuk jendela ketika dokter menyarankan mereka untuk tidak menggunakan tirai. "
Kreativitas dapat disalin. Dalam bisnis ini, desain merupakan salah satu aset penting yang sering mendapat bajakan dan diklaim asli oleh orang lain.
"Desain saya yang dijual di harga yang lebih rendah di forum online terbesar Indonesia. Penjual persen sekitar 90 di situs yang membajak karya saya. Tapi tidak apa-apa. Setiap orang memiliki pangsa pasar mereka. Orang dengan pendapatan yang lebih tinggi tidak akan mau membeli barang palsu. Mereka lebih memilih produk kaca Eztu. "
Untuk ini penulis Cahaya Merias, seni adalah jantung dan bisnis harus mengikuti gairah. Masalah hanya item yang umum, bukan yang khusus. Dia bahkan memperlakukan masalah sebagai lauk. Tapi dia menyarankan bahwa penting untuk dapat mengantisipasi.
Sumber : inspirasi.lintas.me
0 komentar :
Posting Komentar